About Me

pmiigusdur

MAPABA; Pengukuhan Jiwa Penggerak, Langkah Awal Mencetak Generasi Mu’takid

Semarang, pmiigusdur.com - Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) adalah fase orientasi dan pengenalan awal PMII kepada calon anggota baru dalam rangka rekruitmen untuk menjadi anggota PMII. Proses MAPABA ini merupakan tahapan awal dalam jenjang pengkaderan formal PMII.

Sebagai organisasi kader, amat wajar jika denyut nadi PMII adalah kaderisasi. Dalam konteks tersebut, proses membangun disiplin dan loyalitas kader menjadi keniscayaan. Artinya, proses panjang yang dilalui oleh setiap kader harus diimbangi dengan kematangan pribadi dalam memaknai loyalitas keorganisasian.

Pada masa bakti PMII Rayon Abdurrahman Wahid (dahulu PMII Rayon Tarbiyah) tahun 2013-2014 ini, berkesempatan mengadakan MAPABA pertama dengan mengusung tema “Membentuk Loyalitas, Integritas dan Intelektualitas Kader guna Memperjuangkan Nilai-Nilai Kebangsaan”. Prosesi ini berlokasi di Yayasan Al-Hikmah, Polaman, Mijen Semarang pada tanggal 18-20 Oktober 2013 yang bertujuan untuk mengukuhkan serta membaiat para calon kader PMII agar tercipta generasi penerus PMII yang mu’takid serta berasaskan ASWAJA.

“Antusiasme calon kader terlihat dari kuantitas peserta MAPABA 2013 yang mencapai 270 mahasiswa. Hal tersebut patut diapresiasi, ditambah dengan semangat calon kader PMII yang begitu terlihat ketika mereka mengikuti setiap prosesi demi prosesi ketika MAPABA. Serangkaian proses tersebut berlangsung secara lancar mulai dari pembukaan acara, kegiatan sholat berjama’ah, menyaksikan deklarasi pergantian nama rayon, tahlil, olahraga, pendalaman materi Aswaja, NDP, Ke-PMII-an, Advokasi, makrab, diskusi panel, serta pembaiatan dan penutup”, ujar Abdullah Auhad selaku ketua SC MAPABA 2013.

Prosesi inti dari MAPABA 2013 adalah pembaiatan seluruh kader sebagai pengukuhan jiwa penggerak yang loyal terhadap PMII serta ikrar janji suci mereka terhadap PMII. “Prosesi pembaiatan tersebut dipimpin oleh Sahabat Junaidi selaku Ketua PMII Cabang Kota Semarang, yang didampingi oleh Sahabat Imam Syafi’I selaku Ketua PMII Rayon Abdurrahman Wahid, dan saya selaku Sekretaris PMII Rayon Abdurrahman Wahid. Disaksikan oleh seluruh kader, senior serta alumni lintas angkatan”, jelas Ahmad Fahmi Ash Shiddiq selaku Sekretaris PMII Rayon Abdurrahman Wahid.

Harapan akhir pasca pembaiatan yaitu pencapaian predikat “Mu’takid” pada kader-kader PMII. Yakni anggota yang meyakini Islam sebagai agama yang benar dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari serta meyakini PMII sebagai institusi yang tepat untuk pengembangan kapasitas dirinya dalam perjuangan kebangsaan dan keislaman serta terbentuk loyalitas, integritas dan intelektual kader sebagai senjata memperjuangkan nilai-nilai kebangsaan.

Laporan: Ria Khoiriyyah

Post a Comment

0 Comments