About Me

pmiigusdur

Melalui Sekolah Politik Jadikan Kader Melek Politik

Peserta Sekolah Politik angkatan II 2013
Semarang, pmiigusdur.com - Pada Sabtu, (7/12) Lembaga Kajian dan Penerbitan PMII Abdurrahman Wahid telah sukses melancarkan agendanya berupa pelaksanaan kegiatan “Sekolah Politik” yang ke-2 bertempat di Ruang D7 gedung D fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Tujuan diadakannya kegiatan Sekolah Politik ini yaitu guna menumbuhkan kesadaran kader akan politik, sehingga dengan demikian tidak ada lagi kesalahan persepsi kader terhadap politik.

Agenda yang berlangsung selama kurang lebih sehari ini berjalan dengan lancar. Dalam sekolah ini, terdapat empat materi pokok yang disampaikan guna membuka cakrawala pengetahuan tentang politik secara teoritis. Materi pertama yaitu “Pengantar Ilmu Politik” yang disampaikan oleh sahabat M. Kholidul Adib. Beliau merupakan Ketua I Bidang Kaderisasi PKC PMII Jawa Tengah periode 2008-2011. Pada penyampaian materi pertama, peserta diberi pemahaman terkait definisi politik, kekuasaan politik, legitimasi, proses politik dan materi dasar-dasar ilmu politik lain yang juga dikaitkan dengan hukum Islam. Kemudian untuk materi kedua yaitu “Asas Moral dan Etika Politik” yang disampaikan oleh Sahabat Ahmad Fauzi dari Samarra College. Dilanjutkan untuk materi ketiga yaitu “Struktur Dasar Negara” yang disampaikan oleh Sahabat Bayu Ren Warin dari FISIP Unwahas, Sahabat Bayu ini merupakan sosok Fenomenal di regional Ngaliyan. Materi keempat yang merupakan  materi terakhir “Studi Ideologi-ideologi Politik” disampaikan oleh DR. Tedi Kholiludin, M.Si Direkur eLSA Semarang.

Kegiatan Sekolah Politik ini diikuti oleh 33 peserta, yang terdiri dari kader PMII Rayon Abdurrahman Wahid mulai dari angkatan 2011 hingga 2013. Sekolah Politik ini diadakan Lembaga Kajian dan Penerbitan (LKaP), salah satu Lembaga Semi Otonom PMII Rayon Abdurrahman Wahid. Sekpol 2013 ini sekaligus menjadi penyelenggaraan angkatan kedua. Para peserta tampak begitu antusias mengikuti kegiatan hingga selesai. Antusiasme tersebut terlihat dari banyaknya para peserta yang memberikan feedback dengan bertanya dan memberikan tanggapan seputar materi-materi yang telah disampaikan sebelumnya. 

Selanjutnya, tingkat pemahaman peserta akan ilmu yang telah mereka dapat dari kegiatan ini diuji dengan meminta peserta membuat resume dari ke-empat materi yang disampaikan oleh pembicara. Senin (9/12) resume sudah harus dikirim ke e-mail LKaP dan akan diseleksi tulisan terbaik dari yang paling baik. Dengan ini diharapkan minat peserta dalam bidang tulis-menulis akan tumbuh dalam diri para kader.

Kegiatan yang sarat akan pengetahuan politik ini tidak hanya selesai sampai pada sore itu. Kegitan ini akan berlanjut dalam follow up diskusi politik. Melalui diskusi ini diharapkan para alumnus sekpol angkatan II dapat memperluas pemahaman mereka akan politik. Sehingga lahir generasi muda yang sadar politik. “Semoga para alumnus Sekpol angkatan II tidak menjadi mahasiswa yang Acuh akan politik” terang Endah Kartika Direktur LKaP saat menutup acara. 

Laporan : Ana Rizky Saputri

Post a Comment

0 Comments