About Me

pmiigusdur

Mengisi Libur Panjang Di Desa Religius



Pemalang, pmiigusdur.com- Dalam rangka mengisi kekosongan di hari liburan, korp Almapaba 2013 NUSANTARA Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Abdurrahman Wahid Komisariat Walisongo Semarang mengadakan agenda Ekspedisi Sahabat.

Agenda ini dilaksanakan di rumah sahabati Zilda Chostiana Nufus di Dusun Genting Desa Walangsanga Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. 

Tim Ekspedisi ini berjumlah delapan orang. Mereka berangkat pada pukul 11.00 WIB dan sampai lokasi pada pukul 17.00 WIB.

Agenda yang bertujuan untuk memperkuat silaturrahim dan mengetahui kehidupan  bermasyarakat ini sebagai pembelajaran korp NUSANTARA dalam beradaptasi dengan masyarakat.

"Acara ini diadakan untuk merekatkan angkatan dan bersilaturrahmi." Ulas Zakaria Ahmad, Ketua Almapaba.   

Pertama kali masuk desa , suasana sejuk dan tenang sudah menyambut kedatangan Tim Ekspedisi. Religiusitas sudah tersuguhkan ketika memasuki jalanan pedesaan. 

Ini dibuktikan dengan banyaknya yayasan pendidikan Islam yang sudah berdiri,  gaya berpakaian yang bernuansa Islami dan tradisi jama’ah yang masih kental. 

Malam pertama , Tim Ekspedisi mencari informasi tentang keadaan di desa ini. Baik keadaan ekonomi, pendidikan dan sejarah awal penyebaran Islam. 
 
Menurut keterangan Zar’an Muzakki yang kebetulan juga keluarga PMII dari Rayon Al Kindi Universitas Islam Malang (UNISMA) tahun 2010, Pembabat alas pertama kali disini adalah Mbah Umar . 

“Ada yang mengatakan dia (Umar) adalah salah satu anak dari Nawawi Al Bantani, ada juga yang mengatakan salah satu murid dari Sunan Gunung Jati,” ujarnya.

Sementara itu, mayoritas masyarakat disini bekerja sebagai petani.  Namun sekarang ini kekurangan pekerja, karena banyak yang mulai merantau ke kota-kota besar. 

“Kalau semisal ingin untuk membantu bekerja di sawah  itu tidak masalah, karena disini kekurangan buruh di pertanian,” Ujarnya.  

Tak hanya mencari  informasi di desa ini saja, Tim Ekspedisi pun jugA berbincang–bincang tentang masalah pengkaderan PMII di UNISMA. Dalam perbincangan tersebut banyak pelajaran yang dapat Tim Ekspedisi ambil. 

Pertama, dalam mengkader PMII harus mementingkan kualitas. Kedua ,PMII harus membangkitkan semangat dari kader-kader yang mulai melemah. 

Selain itu, ancaman dari organisasi ekstra lain seperti HMI yang sudah mulai menguasai UNISMA. Hal ini dikarenakan adanya surat yang dikeluarkan oleh Jusuf Kalla pada saat mengunjungi. 

Dengan surat tersebut HMI bisa masuk kedalam kampus untuk merekrut anggota baru. Lebih-lebih ada dukungan Rektor baru pada waktu itu. 

Setelah berbincang lama, Tim Ekspedisi bersiap diri untuk tidur karena keadaan yang mulai mengantuk  karena perjalan tadi siang yang melelahkan.




Reporter          : Ahmad Amiruddin
Editor              : Yulizar Farid Firdaus


Post a Comment

0 Comments