About Me

pmiigusdur

Ideologi-ideologi Besar Dunia


oleh : Bima Sakti
            Ideologi tersusun dari dua kata yakni ide dan logos, ide yang berarti ide dan logos bermakna ilmu. Secara istilah Ideologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengkaji tentang ide. Awal mula kemunculan dari Ide-ide adalah pemikiran barat diantaranya diawali dengan Pemikiran tentang alam (Cosmosentris), dilanjutkan dengan zaman pemikiran tentang Agama (Teosentris), kemudian Autroposentris (era revolusi sosial) dan sampai pada zaman modern. Ketika kita berbicara masalah definisi tentang sesuatu maka ada 3 macam hal tentang definisi yang mesti kita pahami. Diantaranya yakni Definisi Secara Objektif yakni memberi sebuah pengertian tentang sesuatu sebagai sesuatu. Definisi yang kedua adalah Operasional yakni memberi sebuah pengertian tentang sesuatu sebagai sesuatu alat operasional. Sedang macam definisi yang terakhir adalah definisi Subjektif yakni memberi sebuah pengertian menurut diri sendiri. Arti ideologi tidak terlepas dari berbagai tokoh yang mewarnai kehidupan filsafat di muka bumi ini.
Aristoteles seorang filsuf ternama asal yunani kuno di zaman Socrates menjelaskan bahwa segala sesuatu yang ada bergantung pada ide, karena ide adalah akar dari muncul nya permasalahan dan kenyataan serta realita yang terjadi dalam kehidupan ini. Menurut Tokoh-tokoh aliran filsafat post modern seperti Machiavelli seorang tokoh politik menyatakan bahwa ideologi adalah sistem perlindungan untuk kekuasaan. Karl marx tokoh sosialis memberi pendapat lain yakni ideologi merupakan alat mencapai kesetaraan dan kesejahteraan. Jika kita menyimak pendapat Napoleon Bonaparte seorang tokoh perancang strategi perang dan seorang tokoh politik menjelaskan bahwa ideologi merupakan keseluruhan pemikiran politik dari lawan politiknya. Sedangkan menurut Rene Descartes Ideologi merupakan intisari pemikiran manusia.
            Aristoteles menjelaskan karena ide-ide muncul sebuah realita, sedangkan dalam peta pemikiran tokoh-tokoh aliran filsafat post modern berbeda paradigma dengan Aristoteles yang menyatakan bahwa realita dan permasalahan memunculkan sebuah ide atau gagasan  yang dijadikan solusi untuk menyelesaikan realita dan permasalahan tersebut. Tindakan dan perilaku seorang manusia juga mempengaruhi perkembangan ide. Ide tidaklah mengikat, namun platform tujuan bersama. Tidak ada definisi yang baku tentang ideologi tertentu karena tidak mengikat masyarakat tertentu.
            Menurut Gunawan Muhammad tokoh pemikir yang berasal dari tanah air menjelaskan bahwa Ideologi-ideologi besar dunia terbagi menjadi tiga yakni: Kapitalisme, Sosialisme dan Komunisme, Islam atau wahyu Allah pada Rasulullah SAW. Ketika kita berbicara Kapitalisme dan Sosialisme maka ukuran dari kedua ideologi ini adalah materi, sedangkan jika kita membincang mengenai islam halal dan haramlah ukuran nya.

Kapitalisme, Marxisme, Sosialisme dan Komunisme
             Ideologi-ideologi besar dunia yang ternama diantaranya yakni Kapitalisme, Marxisme, Sosialisme dan Komunisme. Kapitalisme dalam bahasa yang sederhana adalah kaum pemilik modal. Kemunculan Kapitalisme berasal dari dunia bagian barat. Madzhab ini bertentangan dengan ajaran Sosialisme, jika kita menelisik lebih jauh secara ekonomi bahwa prinsip dari kapitalisme lebih menekankan laba hanya untuk beberapa orang saja sedang sosialisme lebih kepada kepemilikan bersama. Dalam hal ini aliran filsafat sosialisme memberikan sebuah kritik terhadap kapitalisme atau kaum pemilik modal karena tujuan dari ajaran sosialisme adalah demi kemerataan dan kesejahteraan bersama. Aliran lain yang hampir sama dengan Sosialisme adalah Marxisme.
Marxisme adalah orang-orang yang mengikuti ajaran Karl Marx atau biasa di undang Mbah Jenggot. Karl Marx adalah seorang filsuf di zaman post modern yang berasal dari jerman dan penganut madzhab sosialisme. Ajaran dari Karl Marx adalah Scientific Socialism atau bisa kita sebut dengan melihat realitas dengan realita. Dalam peta pemikiran si Mbah Jenggot memunculkan sebuah ajaran baru yakni Materialis Dialektis dan Materialis Historis. Dari kedua ajaran baru ini muncullah kalimat yang sering kita dengar tesis, antitesis dan sintesis. Beranjak ke aliran selanjutnya yang hampir menyamai pula dengan sosialisme dan marxisme yakni Komunisme.
Komunisme lebih kepada sistem sebuah negara yang menganut ajaran sosialisme. Rusia adalah sebuah negara dengan madzhab sosialisme. Komunisme terbentuk dari ajaran Marxisme dan Leninisme. Marxisme yang berasal dari karl marx dan leninisme yang berasal dari lenin seorang tokoh revolusi yang cukup garang asal uni-soviet.
Kesimpulan dari tulisan sang penulis yakni bahwa ideologi-ideologi besar banyak muncul di berbagai belahan dunia, terutama dunia bagian barat. Diantara lingkup Ideologi besar yang muncul di dunia ini yakni Kapitalisme, Marxisme, Sosialisme dan Komunisme. Ideologi-ideologi yang menjadi saksi sejarah besar perkembangan dunia ini.


*) Penulis adalah Pengurus LKaP PMII Rayon Abdurrahman Wahid Komisariat Walisongo Semarang

Post a Comment

0 Comments