About Me

pmiigusdur

Rangkuman Diskusi Pengantar Sosiologi

Doc. LKaP



Doc. LKAP Pengantar Sosiologi. Pada hari Rabu (24/10). Lembaga Kajian


Sosiologi beasal dari bahasa latin socius yang mempunyai arti kawan, dan logos adalah ilmu pengetahuan. maka sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi masyarakat. Sedangkan masyarakat adalah sekumpulan individu yang mempunyai hubungan, mempunyai interaksi dan kebudayaan bersama. Sosiologi mengajarkan sekelompok individu tentang pembelajaran berinteraksi, berperilaku dilingkungan yang mencangkup sekelompok individu, keluarga, suku, organisasi, politik, sosial dan sampai lingkungan negara.

Sebagai cabang ilmu, sosiologi dicetuskan pertama kali oleh ilmuan perancis yang bernama August Comte. Dimana pada zaman ini comte dikenal sebagai bapak sosiologi. Namun demikian sejarah mencatat bahwa sosiologi datang sebelum nabi isa lahir (1 Masehi)  pada era itu dipelopori ilmuan diantaranya socrates, aristoteles, dan plato. Dari sejarah ini banyak yang menyimpulkan bahwa ilmuan tersebut bisa dikatakan seorang nabi bukan halnya rasul.

Pada abad 6 (nabi muhammad lahir) munculah filsuf Hypatia yang mulai berfikir tentang keadaan bumi yang datar, bulat. Tetapi pemikiran ini dibantah dari pihak gereja. Dimana pihak gereja pada abad 6-14 menjadi penguasa pada abad ini. Semua apa yang terkandung dalam injil tidak boleh di bantah dan masyarakat harus mengikuti dan tunduk pada pemikiran pihak gereja. Seperti halnya bahwa bumi itu tidak bulat dan tidak datar. Pada abad 6 ini terjadi perbedaan pendapat antara hipatia dan pihak gereja sehingga memunculkan masalah dimana akhirnya hipatia dibunuh pihak gereja. Pada abad 6 ini merupakan abad kegelapan bagi eropa karena injil mulai di monuputatif (diperbarui). Tetapi lain dengan halnya pada asia bagian tengah yang menjadi abad pencerahan dengan munculnya ilmuan ibnu sina, ibnu khaldun, al ghazali .

Abad 16-17 sosiologi mulai mengalir di asia bagian timur. Selain munculnya tokog filsuf islam, pada abad ini juga muncul ilmuan galileo, tolemayos, thomas, marx weber, dan august comte. Dimana pada era ini muncul pemikiran yang menjadi perubahan pada era hipatia. Perkembangan era ini muncul pemikiran galileo yang berpendapat bahwa bumi bulat, dan muncul filsuf sosiologi dari perancis august comte.
Pada era ini august comte memunculkan pemikiran sosiologi adalah sebagai ilmu yang bisa di bagi kesemua masyarakat. Segingga august compe membagi ilmu sosiologi menjadi 2 bagian yakni ilmu eksa Ilmu non eksa.

Ilmu eksa adalah sebagian ilmu umum yang mencangkup: Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Perilaku Lingkungan. Sedangkan ilmu non eksa adalah sebagian ilmu yang membahas tentang keagamaan dan kerohanian.  Abad 17-18 munculah filsuf marx weber dan emil durkime. Pada era ini marx lebih berfikir ke masyarakat komunis dan masyarakat soaialisis ( kontruksi bangunan pemikiran). Karena  Pada abad 18 timbulah revolusi perancis yaitu tentang kaum buruh dan tuan tanah sehingga pada era ini terjadi kontruksi masyarakat monopoli yang ada di perancis.

*Ditulis Oleh: Noor Wahyunita ( Anggota Divisi Kajian LKaP )

Post a Comment

0 Comments