Apa itu bahasa? Apa pentingnya belajar bahasa? Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui definisi bahasa serta fungsi bahasa dalam kehidupan yang sesungguhnya. Menurut KBBI, bahasa adalah sistem suara arbitrer, yang dipakai oleh masyarakat guna berkomunikasi, berinteraksi, bekerja sama, dan mengidentifikasi diri. Dalam buku Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik (2005) karya Untung Yuwono, pengertian bahasa adalah alat komunikasi yang dimiliki manusia berupa sistem lambang bunyi yang berasal dari alat ucap atau mulut manusia. Bahasa juga merupakan dari kumpulan kata di mana masing-masing kata memiliki makna dan hubungan abstrak dengan suatu konsep. Sedangkan, definisi bahasa dalam ilmu antropologi adalah suatu sistem komunikasi yang menggunakan suara kemudian dihubungkan satu sama lain menurut seperangkat aturan sehingga mempunyai arti tertentu.

Bahasa secara umum memiliki fungsi sebagai alat ekspresi, alat komunikasi serta alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi dalam kehidupan bersosial. Apa itu integrasi? Integrasi adalah proses penyesuaian unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memiliki keserasian fungsi.

Secara khusus, bahasa memiliki fungsi sebagai berikut :

• Tujuan praktis, yakni hubungan dalam pergaulan sehari-hari. 

• Tujuan artistik, yakni menggunakan bahasa dengan seindah-indahnya. 

• Tujuan filosofis, yakni menggunakan bahasa untuk mempelajari naskah kuno.

• Dan bahasa sebagai kunci dalam mempelajari ilmu lain.

Sampai sini bisa dibayangkan apabila kita hidup tanpa adanya bahasa? Di era yang modern seperti ini, belajar berbahasa sangatlah dibutuhkan, terlepas itu bahasa nasional maupun internasional, keduanya sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari maupun bermasyarakat serta menguasai bahasa dapat meningkatkan pengetahuan dalam lingkup global.

Untuk yang bercita-cita melanjutkan studi ke luar negeri, menguasai bahasa asing sangatlah menguntungkan. Sederhananya, kita tidak perlu repot-repot mengartikan dan mencari arti apa yang diucapkan seseorang ketika berada di luar sana. Sesuai fungsinya, bahasa digunakan untuk menjadi alat komunikasi dan alat untuk berekspresi. Pepatah mengatakan, “Ketika Bahasa Dalam Ucapanmu, maka Dunia ada dalam genggamanmu”. 

Pada dasarnya, semua terletak pada niat dan usaha kita untuk mempelajari suatu hal lebih dalam. Seperti halnya belajar berbahasa, mengikuti diskusi tentang kajian kebahasaan adalah suatu hal yang sederhana untuk mempelajari bahasa lebih dalam.

Penulis : Biro Bahasa

Editor : Finata

Ilustrator : Safni