Perwakilan Ketua PMII Komisariat, Perwakilan Ketua Pengurus Cabang Semarang, dan Ketua Rayon Gusdur menyampaikan materi (Dok. Agustin)

Pmiigusdur.com- Rayon Abdurrahman Wahid atau yang sering disebut Rayon Gusdur Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang kembali melaksanakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) 2022, yang bertempat di SMK Texmaco, Mangkang, Semarang. Jum'at-Minggu (23-25/09/2022).

Kegiatan yang mengusung tema "Terwujudnya Kader PMII Rayon Abdurrahman Wahid yang Militan, Berintegritas, serta Berintelektual melalui Nilai-Nilai Dasar Pergerakan yang berlandaskan Ahlusunah Waljama'ah" tersebut, mendatangkan perwakilan Ketua PMII Komisariat UIN Walisongo, perwakilan Ketua Pengurus Cabang PMII Kota Semarang, dan Ketua Rayon Gusdur.

Perwakilan Ketua PMII Komisariat UIN Walisongo, Iqbal dalam sambutannya menyampaikan, peran kaderasisasi bagi para peserta adalah sebagai gerbang awal masuk PMII.

"Ada beberapa tingkatan dalam kepengurusan kaderisasi (PMII). Ketika sahabat-sahabati mengikuti kaderisasi, maka gerbang awalnya adalah MAPABA. PMII sendiri adalah rumah besar yg didalamnya terdapat komponen-komponen keilmuan yang bisa digali, tinggal sahabat-sahabati pilih ingin fokus di bidang apa," ujarnya.

Iqbal juga mengapresiasi banyaknya jumlah peserta yang hadir dan mengikuti MAPABA, serta memberikan motivasi kepada para peserta.

"Mapaba ini adalah mapaba ke-3 di lingkup UIN Walisongo Semarang. Begitu banyak peserta yang mengikuti (MAPABA) kali ini, sehingga saya sangat apresiasi. Yakinlah dengan jumlah (peserta) yang sangat besar ini, dapat berproses sampai akhir nanti. Selamat belajar dan berproses," sambungnya.

Perwaakilan Ketua Pengurus Cabang PMII Kota Semarang, Anang Bagus menuturkan bahwa PMII sebagai langkah para mahasiswa dalam berorganisasi yang belandaskan Aswaja.

"Sebanyak 370 Mahasiswa Baru (Maba) FITK, penerus bangsa telah memilih PMII untuk berproses ke depan. Karena PMII satu-satunya organisasi mahasiswa yang sesuai Aswaja. Misi kebangsaan dan keislaman jelas," tuturnya.

Ia juga menambahkan, beberapa materi yang harus dapat diketahui dan dipahami oleh para peserta MAPABA. 

"Ada 7 materi yang harus diperhatikan agar kawan-kawan berada di jalan yg tepat; ada Aswaja, NDP, Ke-PMII-an, Advokasi, dan lain-lain. Walaupun belum resmi menjadi anggota, kawan-kawan sudah tahu dari yang sudah disampaikan senior terkait materi. PMII bukan komunitas, maka untuk menjadi anggota harus ada komitmen," tambahnya.

Ketua Rayon Gusdur, Bagus Faiz menganggap, zaman sekarang dibutuhkan kader-kader yang tidak hanya memikirkan akademik saja, tetapi juga sosial.

"Pada zaman sekarang dibutuhkan kader-kader yang tidak hanya memikirkan akademik saja, tetapi sosial juga. Peran mahasiswa ada dua; sebagai agen of change, dan agen of control. Keduanya berfungsi sebagai kehidupan sosial. Jadi, kalian tidak hanya punya beban akademik dari orang tua, tetapi juga beban sosial karena kalian sudah menjadi mahasiswa," kata Bagus.

Penulis: Siwi Rahayu

Editor: Fathur