Diskusi Pengantar Pendidikan: dok. LKaP

Lembaga Kajian dan Penerbitan (LKaP) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Abdurrahman Wahid Komisariat Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang selenggarakan diskusi "Pengantar Pendidikan", dengan mengangkat tema "Mengenal Hakikat Pendidikan", yang bertempat di halaman Gedung N Kampus 2 UIN Walisongo Semarang, Rabu, (16/11/2022).

Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian acara "Diskusi Mingguan Kader". Acara yang berlangsung selama kurang lebih 100 menit tersebut, turut menghadirkan Demisioner Pengurus LKaP 2020-2021 Prianik Anjar Wati sebagai pemateri dan anggota LKaP Qudwati Raisah  sebagai moderator.

Dalam pemaparannya, Anik menjelaskan bahwasannya hakikat pendidikan adalah proses yang mencari pengalaman,  keterampilan, membimbing, mendidik, mengajar, mengarahkan, dan mengamalkan ilmunya. 

"Menurut Aril Kosta, Pendidikan adalah  keterampilan untuk berbicara. Pendidikan bukan tentang nilai angka atau yang dikenal IPK oleh kalangan mahasiswa", sambung Anik.

Pendidikan adalah tentang bagaimana kita mengartikan pendidikan itu sendiri. Banyak lulusan-lulusan yang nilainya tinggi, namun setelah lulus dia bingung ingin melakukan apa. Karena ketika menempuh pendidikan ia hanya bertujuan untuk mendapatkan angka, bukan mendalami makna pendidikan.

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan pendidikan diatur dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 dan Undang- undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). 

"Sejarah pendidikan mengalami sejarah yang cukup panjang. Awal mula pendidikan ada itu ketika manusia ada di dunia ini", ujarnya.

Pada akhir pemaparannya, Anik meminta perwakilan salah satu kader untuk menyampaikan kesimpulan dari diskusi yang telah ia sampaikan.


Penulis: Siwi Rahayu

Editor: Agustin