Badrus Salam sedang memaparkan materi, Sabtu (18/09/2023). (Dok. Firda)


Pmiigusdur.com- Lembaga Kajian dan Penerbitan (LKaP) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Abdurrahman Wahid Komisariat Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo menyelenggarakan Workshop Jurnalistik, bertempat di gedung Dekanat Lantai 3 Kampus 2, Sabtu, (18/11/2023). 


 Acara yang mengusung tema “Pengembangan Keterampilan Jurnalistik Melalui Pemahaman Wacana, Berita, dan Sastra” tersebut, menghadirkan Badrus Salam sebagai pemateri berita.



  Dalam pemaparannya, Badrus menjelaskan bahwa jurnalisme berfungsi untuk menyediakan informasi bagi masyarakat.


     “Jurnalisme ada untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan masyarakat agar mereka bisa hidup bebas dan mengatur diri sendiri,” ujarnya.


     Badrus juga menyampaikan unsur-unsur berita, yakni 5W+1H.


     “Unsur-unsur dalam berita sudah sering kita dengar yakni 5W+1H, yaitu berupa what (apa), who (siapa), where (dimana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana),” tuturnya.


     Lebih lanjut, Badrus memberikan tips dalam wawancara.


     “Terdapat tips atau langkah-langkah ketika melakukan wawancara, seperti prepared. Pastikan narasumber mengetahui aturan awal, on time, mencatat detail, sopan santun, diam, tatap matanya, dan sebelum akhir wawancara konfirmasi lagi jawaban,” pungkas Badrus.



Reporter: Farikha

Editor: Husen