Diskusi bulanan kader di gedung N Kampus 2 UIN WALISONGO, (15/11/2023) 

Pmiigusdur.com - Biro Sosial dan Keagamaan (Soskem) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Abdurrahman Wahid Komisariat Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo menyelenggarakan Diskusi Bulanan Kader, bertempat di gedung N Kampus 2, Rabu, (15/11/2023).

Acara yang mengusung tema “Israel VS Palestina: Konflik Antara Kepentingan dan Kemanusiaan”, menghadirkan dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Saekan Muchith sebagai pemateri.

Saekan menjelaskan bahwa memahami kedua kelompok tersebut perlu dimulai dari pemahaman sebutan Israel dan Yahudi.

“Barangkali perlu dimulai dari pemahaman tentang sebutan Israel yang ditujukan kepada Nabi Ya'qub As yang merupakan putra dari Nabi Ishaq bin Ibrahim As. Ada juga istilah Yahudi dinisbatkan dari keturunan Yehuda yang merupakan putra Nabi Ya'qub As, sehingga selanjutnya muncul istilah Yahudi sebagai bangsa dan sebagai agama,” ujarnya.

Selanjutnya, Ia juga menyampaikan awal mula bangsa Yahudi melakukan perluasan daerah di Palestina.

“Pada tahun 1917-1947 bangsa Yahudi ini (Zionis Israel) mencoba memasuki dan menduduki wilayah Palestina serta melakukan perluasan daerah di Palestina, lalu pada tahun 1948 zionis Israel mendeklarasikan diri menjadi sebuah negara,” ucapnya.

Saekan juga menjelaskan bahwa berdirinya sebuah organisasi dengan tujuan utama mendirikan negara Palestina.

“Kemudian tahun 1964 berdirilah organisasi pembebasan Palestina dengan tujuan utama mendirikan negara Palestina,” ungkapnya.

Lanjut  Saekan, satu cara yang bisa dilakukan untuk meredam konflik Israel dan Palestina adalah adanya mediasi dari kedua belah pihak.

“Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredam konflik tersebut adalah adanya mediasi dari kedua belah pihak, baik dari pemerintah Israel maupun dari pemerintah Palestina,” pungkas Saekan.


Reporter: Khoirul Umam

Editor: Habib Husen