Dokumentasi acara pembukaan: Najma Aqila

Pmiigusdur.com- Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Abdurrahman Wahid Komisariat Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang gelar Pelatihan Kader Dasar (PKD). Acara ini dilaksanakan selama tiga hari di Pondok Pesantren Rahmatallil Alamin, Gunungpati, Semarang. (8-10/03/2024).

Ketua Rayon PMII Rayon Abdurrahman Wahid, Muhammad A’la Muhibbin menyampaikan terkait diadakannya acara PKD kali ini.

“PKD ini merupakan kaderisasi formal kedua di PMII yang merupakan lanjutan setelah MAPABA, dengan tujuan untuk membentuk kader mujahid yang berkualitas, ideologis, loyal, militan, serta berkomitmen dalam memperjuangkan PMII,” tuturnya.

Ia juga menuturkan makna dari tema yang digagas dalam acara ini.

“Tema acara ini adalah One Step Ahead: Menyiapkan Mujahid Aswaja Untuk Kemajuan Peradaban Bangsa. Tema ini mencerminkan semangat keberanian dan tekad untuk terus melangkah maju dalam rangka mempersiapkan kader-kader aswaja yang berkualitas untuk ikut berkontribusi dalam memajukan peradaban bangsa kita,” ungkapnya.

Ketua Panitia PKD, Ahmad Aona Robbi sampaikan terkait perencanaan dan persiapan acara pelatihan ini yang terbagi fokus dengan acara Evaluasi Tengah Periode.

“Untuk perencanaan dari pihak panitia sudah mempersiapkan sejak diadakannya rapat kerja, sedangkan untuk persiapannya sendiri itu terbagi fokusnya karena berdekatan dengan acara evaluasi tengah periode yang diadakan 3 minggu kemarin,” katanya.

Ia juga menuturkan terkait pemilihan materi dan pemateri yang sesuai untuk disajikan dalam proses pelatihan.

“Terkait materi kami mengambil dari tahun-tahun sebelumnya karena materi-materi tersebut masih relevan disajikan pada pelatihan kali ini dan kami gunakan koneksi dari ketua rayon untuk mencari pemateri yang cocok dengan materi yang disajikan,” ucapnya.

A'la berharap agar para kader dapat serius serta aktif berdialektika agar dapat menjawab tantangan zaman dan melanjutkan cita-cita PMII.

“Saya harap para kader dapat serius dan khidmat serta aktif berdialektika dalam acara PKD ini, agar para kader mujahid kali ini dapat menjawab tantangan zaman serta melanjutkan perjuangan dan cita-cita PMII,” ucapnya.

Terakhir, Aona juga menyampaikan agar pelatihan ini peserta dapat lebih memahami materi-materi yang telah disampaikan dan dapat diimplementasikan di kehidupan, baik dalam kampus ataupun luar kampus. 

“Adanya pelatihan ini, saya harap kepada para peserta dapat memahami materi-materi yang disampaikan, dan dapat menjadikannya sebagai dasar untuk diimplementasikan dalam kehidupannya baik dalam kampus ataupun luar kampus,” pungkasnya.


Penulis: Husen

Editor: Agustin