Ilustrasi buah delima

Di musim penghujan, tubuh manusia dituntut untuk selalu sehat dan memiliki sistem kekebalan yang baik. Hal ini dikarenakan di musim ini sangat mudah terjangkit virus, termasuk virus influenza. Pada masa musim penghujan, banyak cara dilakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh manusia supaya terus meningkat yaitu dengan penatalaksanaan Farmakologis dan penatalaksanaan Non Farmakologis.

Penatalaksanaan Farmakologis merupakan pemberian pemberian dengan cara obat-obatan seperti multi vitamin, peningkat imun, dan obat anti biotik. Sedangkan penatalaksanaan non Farmakologis yaitu cara meningkatkan imun dengan secara alami, seperti pemberian tindakan mandiri keperawatan, pemberian nutrisi yang adekuat, olahraga yang cukup, dan pemberian buah-buahan yang kaya akan anti oksidan.

Dari kekayaan alam di Indonesia, banyak buah-buahan yang bisa digunakan untuk meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Bahkan buah -buahan tersebut terbilang murah dan mudah didapatkan. Salah satu buah-buahan yang tinggi akan anti oksidan adalah Buah Delima. Buah Delima memiliki nama latin yaitu Punica Granatum, salah satu buah-buahan yang tumbuh 5-8 meter. Buah delima ini berasal dari Negara Iran dan telah lama dikembangbiakan di Meditarenia.

Buah Delima juga salah satu buah yang disebutkan di dalam Al-Quran yang memiiki beragam nutrisi penting bagi tubuh. Buah Delima tercatat dalam Surat Al-An’am ayat 99 dan 141 serta dalam Surat Ar-Rahman ayat 68. Keistimewaannya juga disebutkan di dalam hadist Rasululah SAW.

Buah Delima memiliki kandungan yang tinggi akan Vitamin C sehingga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh manusia serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh di masa Pandemi Covid-19. Buah ini juga bisa melindungi tubuh dari infeksi virus serta bakteri karena kandungan anti oksidan didalamnya yang dapat melawan peradangan, stres oksifatif, dan gangguan kesehatan akibat radikal bebas.

Salah satu tindakan pengobatan yang baik tanpa efek samping adalah dengan memberikan pengobatan “Back To Nature” atau kembali ke alam. Dikarenakan selain tanpa efek samping, Allah juga sudah menciptakan penyakit dan telah menciptakan penyembuhnya yang berada di sekitar kita, seperti Buah Delima. Kalaupun ada beberapa penyakit seperti HIV AIDS yang belum ada obatnya, bukan berarti penyakit tersebut tidak bisa disembuhkan, tetapi penyakit HIV AIDS bisa disembuhkan melalui alam sekitar, hanya saja penelitian tersebut belum ditemukan.

Pemanfaatan Buah Delima untuk menangkal virus Covid-19 bisa terus dilakukan pengembangan penelitian lebih mendalam, dikarenakan buah ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Virus akan sulit untuk menembus benteng pertahanan tubuh manusia.

Selain itu, berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan bahwa jus buah delima dapat menetralkan infektivitas dan efektif melawan berbagai jenis virus yang diselimuti seperti influenza A (H3N2) atau biasa disebut dengan penyakit Flu yang disebabkan oleh virus Influenza.

 

Penulis: Prima Trisna Aji (Dosen Spesialis Medikal Bedah dari Indonesia, S3 PhD Lincoln College University Malaysia)

Editor: Agstn