Ilustrasi anak sedang flu

Pada bulan Ramadan tubuh akan dikondisikan untuk tidak mengkonsumsi makanan. Hal ini sangat baik untuk proses detoksifikasi pada tubuh manusia. Untuk menjaga Puasa tetap lancar dan tidak ada hambatan, ada berbagai cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh, antara lain:

1. Konsumsi Vitamin C

Untuk menjaga daya tahan tubuh meskipun sedang terjadi wabah virus corona, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C. Ketika daya tahan tubuh kuat, virus, kuman, dan penyakit akibat bakteri tidak akan mudah menyerangnya. Makanan yang dianjurkan dikonsumsi karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi antara lain jeruk, jambu biji, pepaya, stroberi, dan kiwi. Faktanya, jambu biji mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk. Makanan ini bisa dimakan apa adanya atau diolah menjadi jus. Namun, jangan menambahkan terlalu banyak gula. Pasalnya, vitamin C terbaik yang bisa didapat dari buah  dikonsumsi secara alami tanpa adanya pemanis buatan.

2. Makan sayur dan buah 

Untuk memperkuat daya tahan tubuh, dianjurkan mengonsumsi sayur dan buah. Mengonsumsi kedua makanan ini secara bersamaan akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi Anda dari berbagai penyakit karena mengandung berbagai  vitamin dan mineral.

3. Mengelola stres  

Jika stres tidak  dikelola dengan baik, otomatis produksi hormon kortisol dalam tubuh  meningkat. Peningkatan produksi hormon kortisol dalam jangka panjang secara bertahap dapat menurunkan daya tahan tubuh. Untuk mencegahnya, penting untuk mengelola stres dengan baik agar tidak mempengaruhi daya tahan tubuh.

4. Istirahat yang cukup 

Meningkatkan daya tahan tubuh belum tentu disebabkan oleh faktor nutrisi. Tubuh kita juga memerlukan istirahat yang cukup agar tetap sehat. Orang dewasa membutuhkan 7 hingga 8 jam tidur sehari. Anak-anak sekarang membutuhkan tidur lebih dari 10 jam per hari. Pastikan istirahat yang cukup untuk menjaga kekebalan tubuh.

5. Olahraga secara teratur 

Langkah memperkuat imun tubuh selanjutnya adalah dengan berolahraga selama 30 menit setiap hari. Aktivitas ini paling menyehatkan jika terkena langsung sinar matahari pagi, karena sinar matahari dapat meningkatkan kadar vitamin D. Meski tidak pergi ke tempat gym, Anda bisa berolahraga dengan mudah dan murah hanya dengan berjalan kaki atau berlari cepat.

6. Mengonsumsi Suplemen 

Selain mengikuti langkah-langkah diatas dan menerapkan pola hidup sehat, Anda dapat menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh  dengan mengonsumsi suplemen tambahan dan multivitamin. Mengonsumsi suplemen tambahan atau multivitamin  dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang mungkin kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh.

7. Menjaga kebersihan lingkungan 

Selain langkah-langkah tersebut, kita juga harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar tidak menjadi sarang kuman, virus, dan kuman. Kita tidak hanya perlu menjaga kebersihan lingkungan rumah, tetapi Anda juga perlu menjaga kebersihan tubuh. Terakhir, membiasakan mencuci tangan setiap selesai beraktivitas akan membantu menjaga tubuh tetap sehat.

Peningkatan imunitas dapat diperoleh dengan mudah, cukup dengan melakukan latihan fisik secara rutin dan teratur serta memenuhi asupan gizi di dalam tubuh. Meskipun belum ada teori pasti yang dapat menjelaskannya, tetapi banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa dengan Latihan fisik dan menjaga asupan berpotensi dapat meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan infeksi virus, terutama Covid-19.


Penulis: Prima Trisna Aji (Dosen Spesialis Medikal Bedah dari Indonesia, S3 PhD Lincoln College University Malaysia)

Editor: Agstn