LKaP (Lembaga Kajian dan Penerbitan) adalah lembaga semi otonom dari PMII Rayon Abdurrahman Wahid komisariat Walisongo. Lembaga ini berdiri pada tahun 2011 ketika RTAR ke-30 PMII Rayon Abdurrahman Wahid yang saat itu masih bernama PMII Rayon Tarbiyah. Lembaga yang dipelopori oleh direktur LKaP pertama (Sahabat Eko Supraptyo) dan sahabat-sahabati lainya dengan dukungan para senior dilatar belakangi oleh 2 hal, yaitu struktural dan kultural. Masalah struktural rayon ketika itu terjadi tumpang tindih peran, karena departemen pengkaderan dan pendidikan rayon yang seharusnya mengakomodir seluruh kegiatan rayon, justru lebih condong pada pembenahan SDM melalui kajian. Sedangkan masalah kultural rayon ada karena menjamurnya komunitas kajian yang tidak jelas wadahnya. Melalui dua latar belakang tersebut, tercetuslah LKaP sebagai lembaga semi otonom diluar departemen pengkaderan dan pendidikan rayon yang secara resmi mengakomodir kajian intelektual serta menjaga tradisi intelektual kampus. 

Perkembangan LKaP dari Masa ke Masa

Saat ini LKaP memasuki periode ke-4. Periode pertama dipimpin oleh sahabat Eko Supraptyo, dilanjutkan periode ke-2 dipimpin oleh Sahabati Malikhah, periode ketiga Sahabati Endah Kartika Ratnasari dan periode keempat sahabat M. Asroful Arif sebagai direktur utamanya. Divisi yang diakomodir oleh LKaP pada periode pertama hanya fokus pada divisi kajian dan penerbitan. Dalam divisi kajian, LKaP mewadahi para pemikir kritis yang berminat besar dalam kegiatan diskusi-diskusi wacana kontemporer yang bergerak pada fokus kajian intelektual. Sedangkan divisi penerbitan mewadahi sahabat/i yang aktif dalam jurnalistik serta dokumentasi kajian. Memasuki periode kedua, divisi dalam LKaP mengalami perkembangan yang sebelumnya hanya fokus dalam kajian dan penerbitan, kemudian lahir divisi baru bernama “Divisi Cyber” yang berorientasi pada media online.

LKaP Periode 2014

Pada periode ini LKaP yang digawangi oleh Sahabat M. Asroful Arif tetap fokus dalam menjalankan misinya yaitu berkonsentrasi menjaga tradisi intelektual. Sampai saat ini divisi penerbitan dalam LKaP telah menerbitkan beberapa produk, diantaranya adalah buletin “Kosmopolit”, LKaP News, Bunga Rampai, serta Modul tahunan MAPABA. Sedangkan divisi kajian bergelut dalam bidang diskusi wacana yang diantaranya diskusi filsafat, Islam, sosiologi dan politik serta diskusi pendidikan yang rutin diselenggarakan setiap minggu. Untuk divisi Cyber berkonsentrasi dibidang Online yang aktif menginformasikan isu-isu terkait internal serta eksternal rayon. Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi akun FB (LKaPpmiigusdur), Twitter (@LKaP_GD).