Semarang, pmiigusdur.com - Sejenak merefleksikan kepergian 4 tahun silam Sang Pluralis beliau Hadratussyaikh Abdurrahman Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Dur. Beliau adalah sosok teladan tidak hanya bagi kalangan nahdliyin ataupun umat Islam saja, melainkan bagi seluruh pemeluk agama di Indonesia. Konstribusi Gus Dur untuk negara Indonesia begitu besar, beliaulah sosok guru sejati bagi bangsa Indonesia.

Dalam momentum khaul Gus Dur ini, PMII Rayon Abdurrahman Wahid mengadakan serangkaian agenda keagamaan dan kebangsaan. Agenda tersebut berlokasi di Auditorium 1 Kampus 1 IAIN Walisongo Semarang. Acara dimulai tanggal 30 Desember 2013 dan dilanjutkan tanggal 4 Januari 2014. “Pada hari-H Khaul Gus Dur yang ke-4 ini,  kegiatan dimulai dengan Doa Kebangsaan (Khotmil Quran, tahlil, serta do’a), Istighosah bersama, dan dilanjutkan bedah film Sang Kyai yang bekerjasama dengan PC IPNU Kota Semarang, kemudian acara akan dilanjutkan pada tanggal 4 Januari dengan Dialog Kebangsaan dengan grand tema: Gus Dur Sang Teladan; Pembela Bangsa Penegak Agama, serta lomba penulisan Essay se-Semarang”, tandas Sekretaris Umum PMII Rayon Abdurrahman Wahid, Fahmi Ash Shiddiq.

Antusiasme peserta peringatan Khaul Gus Dur patut mendapat apresiasi. Tampak para kader PMII dan hadirin yang lainnya khusyu’ berdo’a untuk beliau Hadratussyaikh Abdurrrahman Wahid. “Peringatan Khaul Gus Dur bukan hanya seremonial belaka. Akan tetapi peringatan Khaul Gus Dur yang namanya diabadikan menjadi nama rayon PMII di lingkup FITK ini mencakup 2 misi yang patut dijadikan contoh, misi perjuangan Gus Dur semasa hidup (mengenai pembelaan kaum minoritas, semangat kebangsaan serta toleransi beragama beliau), serta misi yang berkenaan penanaman nilai-nilai spiritualitas kader PMII melalui istighosah, tahlil, khotmil qur’an dan peneladanan kyai NU”, jelas Abdul Ghoffar, sebagai SC Peringatan Khaul Gus Dur.

Melalui serangkaian agenda yang diadakan sahabat-sahabati PMII Rayon Abdurrahman Wahid ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat juang kaum muda agar selalu ikhlas dan all out mengabdikan diri untuk Bangsa. Menjadikan Gus Dur sebagai sosok inspiratif dan teladan dalam berkiprah di masyarakat. Selamat jalan Sang Teladan! Engkau Pembela Bangsa Penegak Agama! Salam Pergerakan!

Laporan: Ria Khoiriyah