About Me

pmiigusdur

HARI KEMERDEKAAN RI Bersama Pemuda NU, Jemaat Kristen Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Purwakarta, NU Online
Sejuknya udara pagi di wilayah Kota Purwakarta, Jawa Barat berhasil membakar semangat lebih terhadap puluhan aktivis Ikatan Pelajar NU (IPNU), Gerakan Pemuda Ansor, dan jemaat Gereja Kristen Pasundan (GKP) untuk mendatangi Taman Makam Pahlawan Purwakarta, Ahad (16/08).

Kedatangan mereka ke Taman Makam Pahlawan Purwakarta ini dalam rangka merayakan HUT Ke-70 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-146 Kabupaten Purwakarta.

Di tempat tersebut, para aktivis ini melakukan bersih-bersih, pengecatan ulang, dan tahlil bersama untuk mengenang dan mendoakan para pahlawan kemudian pada pukul 11.30 WIB acara ditutup dengan prosesi tabur bunga yang dipimpin oleh Pdt. T Adama Sihite.

Adi Setiawan (23) selaku Ketua PC IPNU Kabupaten Purwakarta menuturkan, acara ini merupakan tindak lanjut dari acara buka bersama lintas keyakinan yang diprakarsai Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (KBNU) Purwakarta pada bulan Ramadhan kemarin.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk memupuk tali persaudaraan antar umat beragama di Purwakarta, mengingat teror dan konflik horizontal atas nama agama masih terjadi dibelahan bumi pertiwi," katanya.

Selain itu, sambung dia, acara ini juga merupakan bentuk aktualisasi semangat nasionalisme kami untuk menghormati dan menghargai jasa para pahlawan bangsa yang berjuang demi merebut kemerdekaan Indonesia.

"Kita wajib menghargai sejarah kalau hidup kita ingin bersejarah," tandasnya.

Sementara itu, KH. Anwar Nasihin selaku Ketua GP Ansor Purwakarta mendorong kepada IPNU agar tetap mampu meneguhkan kembali nilai-nilai dan semangat patriotisme di kalangan pelajar sebagai medan gerak IPNU.

"Kondisi pelajar saat ini sangatlah jauh dari cita-cita kemerdekaan terutama dari aspek moral," tutupnya. (Aiz Luthfi/Mahbib)

Referensi dari nu.or.id

Post a Comment

0 Comments