About Me

pmiigusdur

Dalam Rangka Harlah PMII ke-59, LKaP Adakan Workshop Penulisan



Semarang,pmiigusdur.com--Dalam rangka menyambut hari lahir PMII ke-59, Lembaga Kajian dan Penerbitan (LKaP)  mengadakan workshop menulis. Acara itu terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan , yakni pra-workshop  dengan diskusi terkait penulisan berita dan wacana, kemudia sebagai tindak lanjut dari diskusi itu mereka akan workshop di lapangan.

Pada sore tadi sekitar pukul empat, diskusi mengenai penulisan berita telah dilaksanakan. Bertempat di Hall Gedung N,  dan dihadiri oleh tujuh peserta dari kader Rayon Abdurrahman Wahid. Diskusi tersebut diisi oleh Baihaqi Annizar yang kini tengah menjadi salah satu redaktur pelaksana berita di jatengtoday.com. 

Ia menyampaikan materi terkait penulisan berita. "berita adalah salah satu karya tulisan jurnalistik yang isinya berupa data dan informasi mengenai suatu keadaan,"ujar Baihaqi. Lalu ia menambahkan keterangan bahwa salah satu tulisan yang paling mudah dibuat adalah berita. Tak hanya itu, ia juga menjelaskan terkait macam-macam berita yang sering digunakan dalam penulisan. "Ada beberapa macam penulisan berita yang bisa kalian pelajari,  namun untuk pemula cukup dua saja yang harus dipahami yakni berita straight news dan indepth news," terang Baihaqi. 

Diskusi ini berjalan dengan baik dan lancar. Bahkan peserta diharuskan untuk langsung latihan menulis berita tentang diskusi ini. Salah satu pengurus LKaP mengatakan bahwasanya anggota pergerakan juga harus mampu menulis. "Acara ini dimaksudkan untuk melatih kemampuan kader dalam bidang kepenulisan," tandas Fatim.

*Ditulis oleh Zaka dan Ulil ( Kader PMII rayon Abdurrahman Wahid Angkatan Aksara ) 

Post a Comment

0 Comments