About Me

pmiigusdur

Menjadi Muslim Milenial Dengan Benar




                                 Doc. Rayon



Judul : Berislam Di Era Milenial; Solusi Atas Problematika Ibadah, Hubungan Antarumat Beragama Dan Kebangsaan
Penulis : Khoirul Anwar
Tahun Terbit : 2019
Penertbit : Lembaga Studi Sosial Dan Agama (eLSA) Press
Tebal : xviii + 218 Halaman
ISBN : 978-602-6418-37-1
Peresensi : Moh. Aji Firman*

Menjadi Muslim yang sempurna merupakan cita – cita semua orang Islam, namun dalam melaksanakannya terkadang kita masih sering menjumpai permasalahan yang kita tidak bisa memecahkannya sendiri. Maka dari itu agar tidak salah kaprah dalam memahami sesuatu, kita membutuhkan sebuah rujukan yang sesuai dengan tuntunan syariat dan ajaran yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Era milenial seperti ini permasalahan dalam menjalankan perintah agama semakin kompleks. Dinamika yang dihadapi bukan cuma tentang hukum halal dan haram, namun lebih dari itu banyak yang saling mengecap orang lain kafir, musyrik, dan intoleran. Maka dari itu buku Berislam di Era Milenial karya Khoirul Anwar ini akan memberikan jawaban atas problematika yang sering dijumpai umat Islam di Era Milenial.

Dalam buku setebal 236 halaman itu Khoirul Anwar membagi isi buku tersebut mejadi 3 bab yang menjadi persoalan bagi umat islam khususnya warga Negara Indonesia, yaitu bab pertama seputar ibadah, kedua seputar hubungan antarumat beragama dan yang ketiga adalah seputar kebangsaan.

Bab pertama yaitu seputar ibadah, Khoirul Anwar mengkaji tentang berbagai persoalan puasa,sejarah puasa, perbedaan puasa antar madzhab, hukum membatalkan puasa karena aktivitas kemanusiaan, shalat di dalam gereja, busana pada masa Rasulullah dan yang lainnya.

Pada bab kedua penulis mengangkat tema tentang hubungan antar umat beragama berisi sejarah dan penjelasan para ulama tentang toleransi Nabi Muhammad SAW, hukum muslim menjaga gereja, mengucapkan selamat Natal dan isu seputar toleransi lainnya dibahas dalam tema ini.

Kemudian  yang terakhir, bab ketiga berisi tentang kebangsaan diantaranya adalah pancasila menurut ajaran islam, konsep jihad dan makna hijrah yang sesungguhnya. Ketiga topik tersebut dibahas menyeluruh dalam bab ini.

Buku ini menggunakan bahasa yang sangat mudah dipahami oleh siapapun dan rujukan yang digunakan oleh penulis merupakan rujukan yang berasal dari kitab – kitab klasik ala pesantren dan keterangan para Ulama sebagai rujukan atas solusi problematika keislaman di era milenial. Desain layout nya pun sederhana, namun pada sampulnya tidak menyertakan gambar sesuai dengan tema atau judul dari artikel yang ditulis.

*Sahabat Aji adalah pengurus LKaP 2019 angkatan 2017
*Editor: Iftahfia

Post a Comment

0 Comments