Tangkapan layar kegiatan Workshop Jurnalistik menunjukkan antusiasme peserta, bahkan hingga tengah malam. (pmiigusdur.com/Asa dan Alin)

SEMARANG
(pmiigusdur.com) – Lembaga Kajian dan Penerbitan (L
KaP) PMII Abdurahman Wahid menggelar Workshop Jurnalistik secara daring, yaitu via grup WhatsApp. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 17-20 Mei 2020. Para peserta workshop merupakan kader-kader Korps Cakrabuana 2019.

Direktur LKaP Moh. Aji Firman menjelaskan, meskipun dilaksankan secara daring, kegiatan tersebut tetap berjalan dengan khidmat dan berkualitas. Hal ini dapat dilihat dari salah satu narasumber dalam diskusi tersebut adalah Baihaqi Annizar, salah satu wartawan di Jateng Today.

“Pemateri menyampaikan materi dengan sangat apik, rapi, dan menyeluruh, karena memang pemateri ini bergelut di bidangnya, yaitu seorang jurnalis atau wartawan jatengtoday.com,” tutur Aji, Minggu (17/5/20).

Selain sebagai direktur, Aji juga menjadi moderator dalam kegiatan workshop tersebut. Dia menambahkan bahwa kegiatan pada hari pertama yaitu hari Minggu, berjalan dengan lancar, beberapa peserta pun antusias bertanya setelah mendapat materi dari narasumber.

“Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan sahabat-sahabati peserta Workshop Jurnalistik LKaP juga sangat beragam, ada yang biasa hingga berbobot. Tentu itu dipengaruhi oleh pengetahuan individu peserta,” tambahnya.

Koordinator Divisi Penerbitan LKaP Iftahfia Nur Iftahani menambahkan, bahwasanya kegiatan ini adalah wujud usaha pengurus rayon untuk memberi pemahaman seputar jurnalistik kepada kader Cakrabuana.

Kata Iftah, Workshop Jurnalistik merupakan salah satu program yang sudah berjalan selama dua periode kepengurusan rayon. Pada situasi pandemi ini, tidak menjadi alasan untuk tidak dilaksanakannya kegiatan tersebut.

“Katakanlah ini merupakan sebuah usaha dari sahabat-sahabati pengurus rayon untuk menumbuhkan semangat kader PMII, khususnya Rayon Gus Dur untuk tidak sekadar memahami dunia jurnalistik, tetapi juga dapat mempraktikkannya. pungkasnya, Minggu (17/5/20).

Tidak hanya itu, Baihaqi Annizar selaku narasumber sekaligus jurnalis Jateng Today itu menyatakan bahwa meskipun kegiatan dilakuan secara daring, para peserta cukup antusias dalam mengikuti kegiatan workshop malam itu.

“Jam malam seperti ini masih lumayan banyak yang memberi tanggapan. Semoga sih itu menjadi penanda kader-kader PMII serius ingin belajar, khususnya belajar menulis berita,” kata jurnalis sekaligus narasumber kegiatan itu pada kami, Minggu (17/5/20).

Oleh: Alinfia Amali dan Asa Reza Wildana

Penulis adalah peserta Workshop Jurnalistik LKaP sekaligus kader Korps Cakrabuana '19
Editor: eykaz