Ilustrasi Tipologi mahasiswa milenial: Wahyu 
Antropologi kampus merupakan ilmu yang mempelajari kehidupan manusia di dalam kampus segala aspek-aspek di dalamnya. Dalam dunia kampus pasti tidak akan pernah lepas dari kata mahasiswa. Mahasiswa merupakan komponen utama, karena disitulah para mahasiswa itu berproses mengembangkan dirinya. Selain itu, mahasiswa merupakan unsur terbanyak diluar civitas akademika yang ada. Mahasiswa yang banyak itu, pastinya juga membawa karakter dan budaya yang berbeda-beda karena datang dari berbagai penjuru daerah.  

Sebagai mahasiswa perlu memahami tipe-tipe dari mahasiswa, sehingga mampu menempatkan dirinya dalam tipe yang seperti apa. Dalam pengklasifikasian ini sifatnya tidak bisa dibilang paten, karena setiap diri kita bisa membuat tipologi sesuai dengan yang kita lihat dan rasakan. Yang paling penting dari pengklasifikasian mahasiswa ini adalah, kita mampu memetakan jenis-jenis mahasiswa sehingga mampu “bermain” dalam lingkungan tersebut. Berikut tipe mahasiswa yang perlu diketahui sebagai berikut : 

Mahasiswa Pemimpin

Biasanya mahasiswa ini adalah seorang aktivis di kampus. Tipikal mahasiswa ini selalu terlihat mencolok dan aktif di berbagai kegiatan kampus. Dia juga aktif di berbagai organisasi, baik di dalam kampus, atau pun di luar kampus. Baginya, pengalaman menjadi pemimpin di kampus sangat berarti untuk masa depannya kelak. Sering speak up ketika di forum, baik kecil hingga besar. 

Mahasiswa Pemikir

Mahasiswa ini akan sering kamu temui di perpustakaan, atau ruang diskusi. Karena hobinya adalah membaca buku, berdiskusi dan menulis. Ia akan selalu mencari tahu jawaban-jawaban atas segala pertanyaan di otaknya. Biasanya mahasiswa ini memiliki kemampuan untuk menganalisis keadaan dan merumuskan suatu konsep. 

Mahasiswa Study Oriented

Selalu masuk tepat waktu dan tidak pernah terlewatkan untuk mengumpulkan tugas, adalah gambaran yang tepat untuk mahasiswa ini. Apapun akan mereka tempuh demi mendapatkan nilai yang gemilang di dalam kampus. Biasanya mahasiswa seperti ini hanya peduli dengan nilainya sendiri dan menjadi yang paling aktif didepan dosen, sering jadi bahan omongan teman sekelas. 

Mahasiswa Hedonis

Umumnya mahasiswa ini banyak memakai pakaian branded. Karena tampil stylish di kampus itu adalah wajib baginya. Tentunya mahasiswa ini akan terlihat mencolok dalam segi penampilan dibandingkan dengan mahasiswa lainnya. Mahasiswa ini biasanya mempunyai lingkaran pertemanan sesama hedonis dan suka menjadi pelanggan tetap cafe-cafe mahal. 

Mahasiswa Agamis

Mahasiswa agamis akan sering kamu temui di berbagai tempat ibadah yang di dalam kampus. Selain rajin belajar, mereka juga tak pernah melewatkan waktu untuk beribadah. Terkadang mahasiswa tipe ini akan risih jika berteman dengan mahasiswa yang jarang keliatan sholat. 

Mahasiswa Abadi

Ini adalah predikat bagi mahasiswa yang belum juga lulus di atas sepuluh semester atau lima tahun masa pembelajaran. Sering terlambat dan telat masuk kelas adalah kebiasaannya. 

Mahasiswa Kupu-Kupu

Ini adalah predikat bagi mahasiswa yang kurang suka bersosialisasi sesama mahasiswa dan kurang begitu serius mengikuti pelajaran. Kehidupannya dikampus hanya pada saat ada kelas kuliah saja, setelah itu akan langsung pulang ke rumah atau kost. Biasanya mahasiswa ini akan cenderung cuek dan tidak mempunyai banyak relasi. 

Mahasiswa Organisatoris

Mahasiswa ini sering kita jumpai diorganisasi-organisasi mahasiswa. Mereka cenderung mudah akrab dengan orang lain dan punya relasi yang luas. 

Mahasiswa Aktivis

Mahasiswa aktivis bisa dijumpai dimana saja, mulai dari kelas, diskusi pinggiran, perpustakaan sampai aksi jalanan. Mahasiswa ini cenderung mengutamakan keadilan dan keresahan mahasiswa lain dan masyarakat umum dari pada kuliahnya. Kebanyakan dari tipe mahasiswa aktivis adalah turunan dari mahasiswa Organisatoris. 

Mahasiswa Intra Oriented

Tipe mahasiswa ini juga merupakan turunan dari mahasiswa organisatoris. Hanya saja, biasanya mahasiswa ini hanya fokus melaksanakan acara tanpa peduli essensinya dan keadaan sekitarnya. Mahasiswa ini biasanya dapat dijumpai pada event-event tertentu dan terlihat mencolok di event tersebut. 

Mahasiswa Idaman

Mahasiswa ini adalah mahasiswa yang memiliki gabungan dari mahasiswa pemimpin, pemikir study oriented, agamis, organisatoris, dan aktivis. Biasanya mahasiswa ini pintar membagi waktu di organisasi dan perkuliahannya. 

Mahasiswa Sosial Media

Mahasiswa ini biasanya adalah Tiktoker, selebgram dan influencer sosial media lainnya. Bisa dijumpai dimana pun dan kapanpun, sering terlihat sedang membuat konten. 

Penulis: Wahyu