Ilustrasi Peristiwa Sumpah Pemuda: iStock 

Pada tanggal 28 Oktober, kita selalu memperingati hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda sendiri merupakan suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Ada beberapa hal yang harus kita lestarikan dari peristiwa Sumpah POemuda. Berikut 5 nilai yang harus dilestarikan dari peristiwa sumpah pemuda: 

1. Nilai Kesatuan 

Lahirnya Sumpah Pemuda menjadi titik awal perjuangan anak muda bangsa Indonesia. Kala itu, pemuda dan pemudi rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran moral bahkan harta benda demi menyatukan bangsa Indonesia. 

Tanpa Sumpah Pemuda dan perjuangan kemerdekaan Indonesia bisa saja tak mencapai kesatuan dan tak berhasil melawan penjajah.Karenanya amalkan Semangat juang dan lanjutkan semangat kesatua mereka pada generasi kini dan seterusnya dalam mengambil langkah Apapun demi kemajuan dan kebersatuan bangsa Indonesia.

2. Bangga terhadap bahasa kesatuan, bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan bahasa kesatuan bangsa Indonesia. Masyarakat Indonesia menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi terutama menjadi penyatu dari keanekaragaman bahasa daerah yang ada di Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi yang telah tercantum dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 36.

Kebanggaan akan bahasa Indonesia perlu ditekankan. Terlebih saat ini bahasa Indonesia mulai tergeser karena modifikasi bahasa. Padahal, tanpa pemahaman berbahasa yang baik, mengungkapkan isi dan ide akan sulit. Hal ini juga berpengaruh pada intelegensi dan rasa nasionalisme.

3. Menjaga Keutuhan Bangsa

Menjaga keutuhan bangsa merupakan hal yang harus dilakukan oleh masyarakat. Perkembangan teknologi saat ini cukup berpengaruh pada cara berpikir generasi muda. Teknologi seharusnya digunakan secara bijak agar generasi muda dapat lebih peduli dan paham akan kondisi negaranya. 

4. Semangat perjuangan para pemuda

Semangat perjuangan para pemuda memegang peran yang amat penting untuk masa depan bangsa, baik zaman dahulu maupun zaman sekarang. Untuk itu, masyarakat zaman sekarang dirasa perlu untuk terus menjaga semangat para pemudanya agar tidak layu dan terlena oleh zaman. 

Apalagi ketika menghadapi "serangan" era globalisasi di masa sekarang. Para pemuda harus jeli dan berhati-hati akan budaya-budaya asing yang masuk ke Indonesia terutama yang kemungkinan bisa menggerus semangat perjuangan pemuda Indonesia. 

Itulah 4 nilai yang harus dilestarikan dari peristiwa sumpah pemuda. Mari kita kuatkan barisan dan rasa kesatuan kita untuk Indonesia yang lebih baik. 

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.


Penulis : Pacet