Dokumentasi Workshop Jurnalistik LKaP oleh: Fathur

Lembaga Kajian dan Penerbitan (LKaP) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Abdurrahman Wahid Komisariat Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang selenggarakan "Workshop Jurnalistik", dengan materi wacana yang bertempat di halaman Gedung N Kampus 2 UIN Walisongo Semarang, Rabu, (22/02/2022).

Acara tersebut merupakan salah satu rangkaian program kerja tahunan di Divisi Penerbitan. Acara yang berlangsung selama kurang lebih 100 menit tersebut, turut menghadirkan Demisioner Pengurus LKaP 2020-2021, Mohammad Husni Mushonifin sebagai pemateri, anggota LKaP Rizca Wulandari sebagai moderator, dan MC yang dibawakan oleh Nur Khasanah. Workshop tersebut berjalan dengan lancar dan dilakukan di luar ruangan yang berlokasi seperti hari pertama. 

Dalam pemaparannya, Husni yang lebih dikenal dengan nama Bojes itu menjelaskan wacana adalah tulisan yang terus berkembang dan dalam menulis wacana harus mempunyai ide.

"Dalam menulis wacana, hal pertama kita harus punya ide dan menentukan kata pertama. Kemudian kalimat pertama dan dilanjut alinea pertama", ujarnya.

Bojes juga menyampaikan bahwa dalam menulis itu harus punya rasa dan banyak membaca.

"Menulis itu harus punya rasa dan banyak-banyak membaca buku atau referensi. Menulis tidak ada teorinya, tetapi sangat terkait erat dengan rasa dari bacaan yang kita punya", tambahnya.

Ia juga menambahkan bahwa orang yang bisa membuat tulisan dengan baik juga bisa mengolah tata bahasa dengan baik.

"Orang yang bisa membuat tulisan yang baik, maka cara menyampaikan pendapat dan tata bahasanya juga baik", jelasnya.

Pada akhir pemaparannya, Bojes meminta para peserta yang hadir untuk langsung praktek membuat suatu tulisan yang di upload di media sosial masing-masing.


Penulis: Nur khasanah 

Editor: Agustin