Ilustrasi setiap kesulitan pasti ada kemudahan: Dai

Pagi itu, aku telah membuat seluruh penghuni rumah mengkhawatirkan ku. Bagiamana tidak, tepat pukul 06.00 pagi aku membantu ibu mengisi termos dengan air panas menggunakan gayung. Tuangan pertama berjalan dengan baik. Tetapi saat tuangan ke dua, gayung  berisi air panas tersebut tiba-tiba mengenai sesuatu yang menyebabkan air panas itu tumpah mengenai bahu atas dan wajah bagian kananku.

"Allahu akbar, ibu...", teriak ku. 

Seketika itu, ibu dan kedua adikku yang sibuk dengan aktivitas masing-masing langsung menoleh kepada ku. Melihat aku menangis sambil menutupi sebagian wajahku dengan tangan kanan, ibu segera bergegas mendekatiku.

"Ya Allah, kok bisa gini", ucap ibu dengan perasaan panik dan takut. 

Kemudian, ibu segera keluar rumah  mengambil lidah buaya. Lidah buaya itu kemudian dibersihkan dan dioleskan di wajahku yang terkena air panas agar tidak melepuh. Setelah itu, ibu membawaku ke dokter untuk diperiksa.

"Gimana masih panas?", tanya ibu.

"Udah mendingan, Bu. Udah ke bantu salep dari dokter tadi", jawabku.

Seluruh keluarga ku khawatir saat mendengar kalau aku terkena air panas di bagian wajah, terutama bapak dan nenekku yang waktu itu sedang keluar rumah. Mereka takut  kalau luka bakar tersebut parah dan membekas karena berada di bagian wajah.

Walaupun aslinya aku juga takut dan khawatir kalau lukanya parah. Aku berusaha tetap tersenyum saat keluarga menjenguk ku.

"Nggak papa nanti juga sembuh, semoga tidak parah dan tidak melepuh", ucap ku agar mereka lega.

Untuk menenangkan diriku sendiri aku selalu ingat bahwa Allah SWT. tidak akan memberikan cobaan melampaui batas  kemampuan seseorang dan pasti setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Seperti yang dijelaskan di dalam Al Qur'an surah Al Baqarah : 286

:  لا يكلف الله نفساً إلا وسعها , bahwa Allah tidak membebani seseorang diluar kemampuannya.

Dan Alhamdulillah luka yang berada di wajah tidak parah hanya lapisan kulit luar menghitam dan sedikit bengkak hingga beberapa hari. Namun, di bagian bahu tangan kanan yang agak sedikit parah dan melepuh. Setelah satu minggu dari  kejadian itu, Alhamdulilah sudah sembuh tinggal menunggu bekas lukanya menghilang.

 
Karya: Ani Fitriati
Editor: Agustin

Grobogan, 4 Januari 2023