Peserta PKD sedang mengikuti prosesi pembai'atan, Minggu (21/05/2023). (Dok. Da'i)

Pmiigusdur.com- Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Abdurrahman Wahid kembali mengadakan Pelatihan Kader Dasar (PKD) di tahun 2023. Namun, terdapat beberapa tanggapan yang berbeda dari setiap peserta, Minggu (21/05/2023).

Peserta eksternal Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta, Reynara tertarik mengikuti PKD, karena sudah menjadi tanggung jawabnya sebagai pengurus.

"Karena sebagai BPH dan CO wajib ikut PKD, sehingga sebagai bentuk tanggung jawab harus saya laksanakan," tuturnya.

Sementara, peserta UIN Raden Mas Said lainnya, Renny mengikuti PKD sebagai bentuk tanggung jawabnya sebelum melanjutkan kepengurusan.

"Saya mengikuti PKD sebagai bentuk tanggung jawab sebelum mengemban amanah kepengurusan nanti. Jadi, aku harus menggali lebih dalam apa itu PMII," jelasnya.

Peserta internal, Naufal mengikuti PKD justru karena ketertarikannya pada PMII sejak Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA).

"Saat mengikuti MAPABA, ketertarikanku pada PMII semakin meningkat. Sehingga, saya memutuskan untuk mengikuti PKD ini," jelasnya.

Serupa dengan Naufal, peserta internal lainnya, Aqib beralasan mengikuti PKD karena ingin mendalami ilmu yang didapatnya selama MAPABA.

"Pada MAPABA semester satu lalu, saya mendapat materi. Namun, di sini saya ingin memperdalam materi tersebut," ungkapnya.


Penulis: Agustin

Editor: Fathur