Sumber : detik.com

    Setiap orang memiliki cara untuk merayakan sesuatu yang dimilikinya, baik dari personal atau secara general dan utuh. Apalagi dalam bangsa yang kita cintai ini. Beberapa diantara mereka belum menyadari bahwa di bulan ini kita memeringati moment yang sangat istimewa dan fundamental.

    Yups benar sekali!. Pada bulan (Agustus )ini kita memeringati 2 moment sekaligus, yakni Peringatan 1 Muharrom dan HUT RI yang ke 78. Keduanya memiliki peran historis yang tak boleh ditinggalkan bagi para pemuda dan seluruh jajaran masyarakat yang ada dibangsa ini.

    Sejarah menceritakan perjalanan nabi ketika hijrah sangat panjang mulai dari Makkah ke Madinah. Menurut sejarah Penamaan "Hijriah" diambil dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi, yang kemudian ditetapkan sebagai awal dimulainya perhitungan tahun Hijriah.

    Sebelum kita lanjut, mari kita kaji dari segala aspek. Kata hijrah-hijriyah secara bahasa memiliki arti yang sangat luas mulai dari berpindah tempat ataupun perubahan dari satu kondisi kepada kondisi yang lebih baik.

Lantas bagaimana kita memaknai peristiwa hijrah di bulan kemerdekaan ini?

    Freedom yang artinya bebas. Bebas menentukan nasib sendiri, bebas menentukan pilihan. Mari kita bergerak bersama untuk mengambil langkah dan sikap yang kongkret, terus berbenah dengan langkah yang positif dan aktif demi terwujudnya kemajuan bangsa ini.

    Tentunya dua hal tersebut memiliki  orientasi yang sama dan berkesinambungan untuk direfleksikan dalam diri.

 

Penulis : ZiealhakimieSS
Editor : Rieke Aurelia