Foto mahasiswa thailand di acara MAPABA PMII Rayon Gusdur,
Sabtu (02/09/2023). (Dok.Khusus)


 

Pmiigusdur.com- Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) adalah jenjang kaderisasi formal yang ada di dalam organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Sebuah gerbang awal bagi mahasiswa untuk berproses menempa diri dan bergabung menjadi anggota PMII.

 PMII Rayon Abdurrahman Wahid menggelar kegiatan MAPABA yang diikuti oleh 312 peserta yang salah satunya yaitu mahasiswa internasional yang berasal dari Patani Selatan Thailand, Mr. Haris Mayudae. Seorang mahasiswa angkatan 2020 yang mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

 Mr. Haris menceritakan bahwa dia mengenal organisasi ekstra kampus PMII dari kakak tingkatnya yang merupakan mahasiswa internasional dari Thailand pada tahun 2017.

 “Saya mengenal dan mendapatkan informasi adanya organisasi PMII di UIN Walisongo Semarang dari kakak tingkat saya angkatan 2017 yang juga berasal dari Patani Selatan Thailand”, ujarnya.

 Mr. Haris juga menyampaikan alasan dan harapannya mengikuti MAPABA yang diselenggarakan PMII Rayon Abdurrahman Wahid tahun 2023.

 “Terdorong dari dalam diri sendiri untuk belajar beradapatasi dan memperluas jaringan relasi serta berharap ilmu yang didapatkan di PMII dapat bermanfaat ketika pulang ke kampung halaman Patani Selatan Thailand nanti”.


Penulis: Muhammad Novan Heromando

Editor  : Sabrina A