Diskusi Mingguan Kader di Edupark Kampus 2 UIN Walisongo, Selasa (17/10/2023). (Cyber)

Pmiigusdur.com - Lembaga Kajian dan Penerbitan (LKaP) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Abdurrahman Wahid Komisariat Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo menyelenggarakan Diskusi Mingguan Kader, bertempat di taman EduPark Kampus 2, Selasa, (17/10/2023). 

Acara yang mengusung tema “Pendidikan Kritis Mengulik Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara” tersebut, menghadirkan Demisioner Ketua Rayon periode 2020/2021, Ulil Albab sebagai pemateri.

Ulil menjelaskan bahwa terdapat 3 konsep atau Asas Trikon yang diusulkan oleh Ki hadjar Dewantara. 

"Asas Trikon yang diusulkan oleh Ki Hadjar Dewantara, yaitu kontinyu, konvergen, dan konsentris," ujarnya.

Menurut Ulil, makna dari Asas Trikon tersebut yaitu ada pengembangan yang harus dilakukan.

“Pertama, Kontinyu artinya pengembangan yang dilakukan harus berkesinambungan disertai perencanaan yang baik. Kedua, Konvergen, pengembangan yang dilakukan dapat mengambil dari berbagai sumber dari luar. Konsep terakhir, Konsentris artinya pengembangan pendidikan yang dilakukan harus tetap berdasarkan kepribadian kita sendiri," tegasnya.

Lanjut Ulil, Pendidikan menurut Ki hadjar Dewantara bertujuan untuk menciptakan manusia merdeka.

“Adapun tujuan pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara adalah untuk menciptakan manusia merdeka, yaitu manusia yang secara lahiriah dan batiniah tidak bergantung pada orang lain dan mampu memilih pilihan mereka sendiri,” pungkas Ulil.


Reporter: Albert

Editor: Agustin