“Siwak selain memiliki manfaat untuk Kesehatan juga merupakan Sunah yang Mendatangkan Pahala”/Foto : Dokpri

Tanaman Siwak memiliki nama lain miswak yang merupakan salah jenis tanaman pohon yang masuk dalam kategori semak belukar. Tanaman siwak berasal dari daerah Timur Tengah engah seperti Arab saudi, Qatar, UEA, dan lainnya.

Pada anatomi siwak yang dipergunakan adalah dari kayunya yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Bersiwak merupakan salah sunah Rasulullah SAW. yang dianjurkan untuk umat muslim.

Di masa pandemi Covid-19 peran sistem imun atau sistem kekebalan tubuh sangat penting dalam menangkal virus dan bakteri. Bagaimana tidak? Virus Covid-19 yang sudah menelan banyak korban jiwa ini ternyata akan lebih cepat masa inkubasinya pada pasien yang memiliki sistem imun rendah seperti: pasien yang menjalani kemoterapi, leukemia, Anemia, lupus, dll.

Peran edukasi tenaga medis sangat dibutuhkan dimasa pandemi Covid-19. Banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana yang harus dilakukan untuk meningkatkan sistem imun dengan pola hidup sehat tanpa zat kimia.

Efek samping ketika kita banyak mengkonsumsi terlalu banyak obat zat kimia akan berpengaruh terhadap kesehatan ginjal. Maka dari itu, peran edukasi kesehatan holistik sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Banyak sekali peran Keperawatan Holistik untuk kesehatan, salah satunya adalah tentang manfaat Siwak. Banyak orang tidak mengetahui manfaat Siwak. Selain bermanfaat ibadah karena termasuk ajaran Sunah Rasulullah SAW., juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Siwak memiliki manfaat bagi seseorang yang memiliki masalah pada gigi. Manfaatnya antara lain mencegah bau mulut, mencegah gigi berlubang, mencegah plak gigi, melindungi gusi, melawan bakteri, analgesik alami, dan anti kanker.

Menurut teori dari hasil penelitian yang saya lakukan dinyatakan bahwa penggunaan Siwak memiliki “Trisula Manfaat”, antara lain: Bisa menjaga kesehatan, meningkatkan sistem imune dan mendapatkan pahala keberkahaan didalamnya. 

Kombinasi siwak yang mengandung anti bakteri dan air liur akan membantu menjaga kesimbangan PH dalam mulut sehingga akan mencegah pertumbuhan kuman atau bakteri yang berada di dalam mulut. Perlu kita ketahui bahwa masalah bakteri di dalam mulut bisa terjadi karena banyak hal, antara lain: terlalu sering mengkonsumsi glukosa dan gula yang tinggi, sehingga menyebabkan kuman subur di dalamnya. Selain itu, kuman juga akan tumbuh subur dengan dua media, yaitu lewat media air dan media glukosa atau gula yang terlalu tinggi.

Manfaat hebat lainnya yaitu Siwak juga memiliki sifat anti bakteri alami karena tinggi akan anti oksidan, yaitu Polifebnoloksidase, Perosidase, peroksidase yang akan menjadi obat anti kanker. Selain itu, Siwak juga bisa menurunkan tingkat nyeri pasien, baik menurunkan nyeri pada radang gigi ataupun nyeri yang ditimbulkan oleh bakteri.

Penulis: Prima Trisna Aji (Dosen Spesialis Medikal Bedah dari Indonesia, S3 PhD Lincoln College University Malaysia)

Editor: Agustin