Ilustrasi olahraga memanah

Olahraga merupakan salah satu terapi yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain bisa bermanfaat untuk menjaga kebugaran, ternyata olahraga juga bisa untuk mengobati penyakit. Olahraga juga bisa membantu tubuh untuk meningkatkan sistem imun supaya terlindung dari bahaya virus dan bakteri.

Banyak sekali jenis olahraga yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah olahraga memanah. Olahraga memanah merupakan olahraga yang sangat digemari oleh Baginda Rasulullah SAW. dimana selain menjaga kesehatan juga terdapat sunah Nabi Muhammad SAW. didalamnya.

Olahraga memanah juga sudah menjadi ajang olahraga dunia internasional yang dilombakan dari Olimpiade, Asian Games, Sea Games hingga Pekan Olahraga Nasional (PON).

Olahraga memanah juga melatih gerakan kognitif, motorik, dan ketangkasan dikarenakan olahraga memanah membutuhkan konsentrasi ekstra supaya target busur mencapai target sasaran yang diharapkan. Olahraga memanah memiliki banyak manfaat bagi tubuh dari sesuatu yang terkecil sampai yang terbesar. Seseorang akan mengalami perubahan yang besar ketika rutin melakukan olahraga memanah tersebut.

“Manfaat Olahraga Memanah sangat banyak sekali manfaatnya, selain menjaga kesehatan fisik juga menjaga kesehatan mental”/Foto : Dokpri

Manfaat olahraga memanah antara lain: membangun percaya diri dalam melakukan aktivitas karena harus menargetkan sasaran, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan daya fokus, meningkatkan kesabaran, meningkatkan kekuatan otot tubuh karena harus menarik busur, meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari, meningkatkan koordinasi tangan, mata serta keseimbangan dan masih banyak lagi.

Olahraga memanah merupakan Sunah Rasulullah SAW. yang dianjurkan sesuai pada hadist riwayat Bukhari Muslim yaitu: 

“Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari, Muslim). 

“Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda),” (HR Muslim).

Ahli praktisi kesehatan Dosen Spesialis Medikal Bedah, Prima Trisna Aji menyampaiakn  bahwa olahraga memanah baik untuk kesehatan meliputi kesehatan fisik dan kesehatan mental. Kesehatan fisik meningkatkan kesehatan lahiriah dan kesehatan mental yaitu mencegah gangguan jiwa dan kepikunan. 

Olahraga memanah sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental bagi mereka yang melaksanakannya, yang dimaksud kesehatan fisik adalah mencegah tubuh terserang penyakit dan meningkatkan sistem imun. Sedangkan kesehatan mental adalah mencegah seseorang mengasah otak untuk berkonsentrasi, mencegah gangguan jiwa serta mencegah kepikunan,ucapnya kepada redaksi.

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, bukan berarti olahraga memanah tidak mempunyai efek samping. Seseorang yang baru belajar olahraga memanah harus mengerti bahwa olahraga memanah bisa menyebabkan cedera otot apabila tidak diimbangi dengan pemanasan yang cukup.

Sangat dianjurkan bagi seseorang yang baru belajar menjadi pemanah pemula dipandu oleh instruktur terlebih dahulu. Maka dari itu, pentingnya melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga memanah

Penulis: Prima Trisna Aji (Dosen Spesialis Medikal Bedah dari Indonesia, S3 PhD Lincoln College University Malaysia)

Editor: Agustin