About Me

pmiigusdur

Pendidikan dan Tantangan Global di Indonesia (1)

Oleh: Yulizar Farid Firdaus*


Pendidikan merupakan salah satu instrumen dasar pembentuk karakter suatu bangsa. Pendidikan menjadi tolak ukur keberhasilan suatu negara dalam mensejahterakan nasib rakyatnya. Ironisnya negara hari ini belum mampu secara optimal dalam mewujudkan hal tersebut, ditandai dengan banyak persoalan pendidikan, baik masalah infarstruksur dan suprastruktur di dalamnya.

Sebagai salah satu negara yang memiliki potensi besar menjadi negara maju, Indonesia memilik banyak kelebihan apabila dibandingkan dengan negara lain yang ada di dunia ini. Indonesia yang dikenal sebagai negara yang mempunyai sumber daya alam dan populasi penduduk yang padat di dunia ini. Akan tetapi, faktanya sampai hari ini Indonesia masih sangat tertinggal dengan negara-negara tetangga dalam arah gerak menuju negara yang maju. 

Alih-alih menjadi negara maju, Indonesia hari ini semakin terpuruk sebagai negara berkembang karena banyaknya persolaan bangsa yang tak kunjung selesai, baik dari sektor politik, ekonomi, sosial masyarakat dan pendidikan. Dalam ranah pendidikan sendiri, Indonesia masih sangat tertinggal jauh dari negara tetangga Malaysia, Singapura dan Thailand. Indonesia hanya mampu berkutat dalam problematika-problematika elit penguasa yang selalu muncul setiap hari.

Sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan suatu negara, pendidikan menjadi sorotan penting dalam pembangunan nasional. Pendidikan ibarat sebagai mesin motorik sebuah bangsa, karena dari pendidikanlah nantinya nasib bangsa bisa terwujud dengan adanya regenerasi bangsa yang berkualitas. Akan tetapi dalam ranah pendidikan sendiri, kita belum tuntas dalam berbagai macam classical problem. Banyak sekali masalah yang mendera pendidikan di Indonesia ini, baik dari suprastruktur maupun infrastruktur dari pendidikan itu sendiri.

Bersambung ke Pendidikan dan Tantangan Global di Indonesia (2)

Post a Comment

0 Comments